Beranda Motor listrik Komitmen Honda Memproduksi Motor Listrik dan Rencana Pengembangan Kedepannya

Komitmen Honda Memproduksi Motor Listrik dan Rencana Pengembangan Kedepannya

277
0
motor listrik honda terbaru

Sebelum datangnya tahun 2023 cukup banyak dari kalian yang penasaran tentang motor listrik honda untuk pasar Indonesia. Mengingat pabrikan bersayap asal jepang ini sudah membangun reputasinya sejak tahun 1971. Sebagai raksasa produsen sepeda motor yang sulit disaingi rival-rivalnya.

Keseriusan dan komitmen honda untuk mengembangkan motor listrik dibuktikannya. Mereka memiliki mapping rencana perjalanan (road map). Visi mereka adalah menuju target “goal” netralitas karbon (Carbon-Neutrality) di tahun 2050 mendatang. Sedangkan pada misi motor listrik-nya, honda ini akan mulai berjalan di tahun 2023 hingga 2030 pada tahap pertamanya.

kategori motor listrik honda EB EM EV

Honda mengawalinya dengan membagi tiga kategori untuk motor listrik. EB (Electric Bicycle) dengan top speed 25 km / jam dan dibawahya. EM (Electric Moped) dengan top speed 25 – 50 km / jam. EV (Electric Vehicle) dengan top speed diatas 50 km / jam.

Keseriusan Motor Listrik Honda Dimulai Pada Tahun 2023

perencanaan dan keseriusan honda pada motor listriknya

Perkembangan motor listik ini mengikuti EV mobil listrik yang sudah banyak dan cukup populer lebih dulu. Di Indonesia sendiri penjualan motor listrik ini sudah mulai marak dari sekitar tahun 2020-an.

Banyaknya merk dan pabrikan motor listrik yang belum dikenal bermunculan. Bahkan pada tahun 2022 penjualan total motor listrik mencapai 28 ribu tercatat dari januari hingga september.

Pabrikan jepang sendiri yang eksistensinya sudah tidak diragukan lagi sebenarnya sudah memulainya sejak lama. Tapi kali ini berbeda, mereka akan menghadapi persaingan motor listrik yang tidak sama dengan sebelumnya. Pabrikan besar bersekala internasional membutuhkan riset pasar. Persiapan dan proyeksi penjualan pastinya mereka pikirkan sangat matang.

honda menurunkan honda em1 e pada pameran motor EICMA italia

Pada ajang pameran motor di Italia EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) dipenghujung tahun 2022. Honda memperkenalkan EM1 e yang merupakan motor listrik pertama mereka untuk pasar Eropa. Dan tentunya adalah langkah awal dari ambisi mereka untuk proyeksi jangka pendek hingga 2025.

Bagaimana untuk Indonesia? Untuk pabrikan sayap asal jepang melalui AHM memasarkan motor listrik honda di tahun 2023. Awalnya Mereka menurunkan 3 unit motor listrik. PCX Electric, Honda Benly e:, dan Honda Gyro e: diturunkan pada ajang IMOS pada november 2022.

Sedangkan untuk keseriusan penjualan motor listriknya, pada saat itu mereka menyatakan akan menjual sekelas beat dan vario. Untuk motor listrik terbaru sekelas beat dan vario adalah EM1 e.

Deretan Line-Up Unit Motor Listrik Honda

deretan motor listrik honda

Mereka sebenarnya sudah memproduksi dan menjual motor listriknya sejak lama. Tapi tidak terlalu serius untuk menjalaninya. Hal ini berbeda mulai tahun 2023, karena mereka mempersiapkannya dengan sangat serius. Buktinya mereka sudah bisa memastikan akan menjual 5 EV dan 5 EM + EB (totalnya 10 unit motor listrik) hingga 2025.

Honda EM1 e

Honda EM1 e

Jika sebelumnya honda terlihat tidak terlalu berambisi untuk motor listrik. Meskipun sudah memproduksinya sejak lama. Penjualannya terbatas, hanya pada pasar tertentu saja dan tidak diperuntukan untuk pasar global. Bisa disimpulkan, sebelumnya mereka kurang serius.

Maka pada EM1 e ini berbeda. Dinamakan EM1 mempunyai arti Electric Moped ke 1. Artinya apa? Tentu saja motor listrik ini merupakan perdana dari rencana “road map” honda pada divisi sepeda motor elektriknya.

EM1 e ini menggunakan sistem swap pada baterainya. Mirip dengan “Honda Mobile Power Pack e” yang digunakan PCX Electric. Untuk spesifikasi lengkapnya honda masih belum merilisnya. Namun menginformasikan bahwa jarak tempuhnya bisa mencapai 40 km sekali isi baterai.

PCX Electric

PCX Electric

Motor listrik honda ini sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak tahun 2019 dan merupakan versi listriknya dari honda PCX150. Jadi tidak mengherankan jika wujudnya cukup mirip dan identik.

Motor listrik ini jarang sekali terlihat dijalanan. Karena honda tidak menjualnya. Mereka hanya menyewakannya saja. Itupun terbatas hanya untuk perusahaan-perusahaan yang konsep bisnisnya B2B. Business to business, misal penyedia bahan baku untuk pabrik. Bukan perusahaan menjual produk ke konsumen,

Motor ini dibandrol pada harga 109 jutaan dan pajak tahunan sebesar 2,18 juta. Untuk sistem sewa, motor ini dibandrol 1,9 juta per bulannya. Dan untuk spesifikasinya adalah sebagai berikut :

Kapasitas baterai : 50,4v 20,8Ah X 2 baterai
Life cycle baterai : 4000 Swap / Honda Mobile Power Pack e
Dinamo (Motor penggerak) : –
Peak power : 4,2 KW / 5,63 HP @ 5500 rpm
Torsi : 18 Nm @ 500 rpm
Top speed : 105 km/jam
jarak tempuh : 69 km
Bobot : 144 Kg

Honda Benly e:

Honda Benly e

Motor listrik honda yang satu ini diciptakan untuk mendukung aktivitas bisnis. Fungsi utamanya adalah mempunyai kemampuan mengangkut barang bawaan lebih banyak. Dengan begitu motor listrik ini cocok digunakan untuk pengiriman barang dan cargo.

Motor ini mempunyai 4 varian. Benly e: I, Benly e: I Pro, Benly e: II dan Benly e: II Pro. Perbedaannya ada pada konsumsi baterai, jarak tempuh dan kecepatannya. Pada Benly e: I dan I Pro memiliki jarak tempuh yang lebih jauh tapi kecepatannya tidak cepat. Sedangkan Benly e: II dan II Pro sebaliknya, jarak tempuh lebih dekat tapi lebih baik pada kecepatan. Untuk spesifikasinya adalah sebagai berikut :

Honda Benly e: I dan I Pro
Kapasitas baterai : 50,4v 20,8Ah X 2 baterai
Life cycle baterai : 4000 Swap / Honda Mobile Power Pack e
Dinamo (Motor penggerak) : –
Peak power : 2.8 kW / 3,76 HP
Torsi : 12 Nm
Top speed : 30 km/jam
jarak tempuh : 87 km
Bobot : 125 kg – 130 Kg

Honda Benly e: II dan II Pro
Kapasitas baterai : 50,4v 20,8Ah X 2 baterai
Life cycle baterai : 4000 Swap / Honda Mobile Power Pack e
Dinamo (Motor penggerak) : –
Peak power : 4.2 kW / 5,63 HP
Torsi : 15 Nm
Top speed : 60 km/jam
jarak tempuh : 43 km
Bobot : 125 kg – 130 Kg

Honda Gyro e:

Honda Gyro e

Motor listrik honda Gyro e:  memiliki fungsi yang sama seperti Benly e:. Jika kalian lihat dari bentuknya sekilas terlihat sangat mirip. Perbedaannya ada di roda belakang. Jika Benly e: hanya mempunyai 1 roda saja (motor 2 roda). Maka Gyro e : mempunyai 2 roda (motor 3 roda) sebagai penyangga dek pengangkut barang. Dengan begitu pastinya kemampuan Gyro e : ini lebih bisa diandalkan untuk mengangkut beban.

Kapasitas baterai : 50,4v 20,8Ah X 2 baterai
Life cycle baterai : 4000 Swap / Honda Mobile Power Pack e
Dinamo (Motor penggerak) : –
Peak power : 3.2 kW  / 3,29 HP
Torsi : 13 Nm
Top speed : 31 km/jam
jarak tempuh : 72 km
Bobot : 140 Kg

Honda CUV-ES 1994 (A-AF 36)

Honda CUV-ES 1994 (A-AF 36)

Motor listrik honda CUV-ES (Clean Urban Vehicle Electric Scooter) diluncurkan pada tahun 1994. Meskipun diproduksi terbatas sebayak 200 unit saja. Motor ini bisa dibilang sebagai salah satu pelopor motor listriknya honda. Secara desain, tampilannya mirip honda dio.

Kapasitas baterai : 86,4V 20Ah
Life cycle baterai : –
Dinamo (Motor penggerak) : –
Peak power : 0,58 KW / 0,78 HP
Torsi : 8,8 Nm
Top speed : –
jarak tempuh : 61 km
Bobot : –

Honda EV-neo

Honda EV-neo

motor listrik honda ini jika dilihat spintas mirip dengan benly e: pada desainnya. Jika dilihat dari fungsinya juga sama. Sebagai motor listrik pengangkut barang. Berat barang yang diangkut totalnya 30 kg (5 kg dibawah jok, 5 kg di keranjang depan, sisanya di bagian belakang).

Honda EV-neo ini lahir lebih dulu dari benly e:. Dengan begitu masih belum menggunakan baterai “Honda Mobile Power Pack e”. Baterainya masih menggunakan sistem tanam yang bisa di charge.

Kapasitas baterai : –
Life cycle baterai : 1000
Dinamo (Motor penggerak) : –
Peak power : 2,8 kW / 3,76 Hp
Torsi : 11 Nm
Top speed : 45 km / jam
jarak tempuh : 34 km
Bobot : 106 kg

Honda CR Electric

Honda CR Electric

Motor trail listrik ini muncul di Tokyo Motorcycles Show (TMCS) pada tahun 2019. Jika dilihat dari desain pastinya seiring dan seirama wujudnya dengan keluarga trail honda lainnya, misalnya CRF250R. Yang membedakannya adalah tenaganya berasal dari baterai tentunya.

Sayangnya motor ini hanya prototipe saja. Belum diproduksi masal dan dijual untuk kalian beli. Untuk spesifikasinya honda belum merilisnya. dan admin rasa itu tidak penting karena ini hanya prototipe yang dipastikan akan berbeda pada produksi masalnya.

Motor Listrik Lokal Honda China

sepeda motor listrik honda china tiongkok

Honda china (tiongkok) ini sudah lebih dulu menabuh genderang perang pada persaingan motor listrik. Mungkin ini juga sebagai ajang pengujian untuk produk global honda yang benar-benar dimulai tahun 2023.

Untuk china, berbeda dengan di Indonesia. Jika disini hanya ada satu saja distributor resmi mitra honda, yaitu AHM. Disana ada 2, yaitu honda sundiro dan honda wuyang. Keduanya terkadang mempunyai unit yang sedikit berbeda dari bentuk desain. Tapi, untuk permesinan dan kualitasnya pastinya honda yang pegang.

Pada motor listriknya, keduanya menjual produk yang terkadang berbeda. Beberapa diantaranya sudah banyak dikenal oleh biker tanah air. Bahkan salah satunya (Honda U-GO) sudah Terdaftar dengan nomor registrasi A00202102364 di Pangkalan Data dan Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI.

Berikut beberapa motor listrik Honda Sundiro dan Wuyang Honda :

Wuyang Honda

Contoh deretan motor dan sepeda listrik honda wuyang :

  • Honda U-Go Honda U-Go
  • Honda V-Go Honda V-Go
  • Honda e.Pop Honda e.Pop
  • Honda e.SCR Honda e.SCR
  • Honda U-Be Honda U-Be
  • Honda MS01 Honda MS01
  • Honda S07-L7L Honda S07-L7L
  • Honda S06-S5L Honda S06-S5L

Sundiro Honda

Contoh deretan motor dan sepeda listrik honda sundiro :

  • Honda M8 Honda M8
  • Honda MS01 Honda MS01 sundiro
  • Honda S07 Honda S07 sundiro
  • Honda S08 Honda S08

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini