Beranda Review Motor Kelebihan dan Kekurangan Knalpot Racing dengan Pengaturan Tiga Suara

Kelebihan dan Kekurangan Knalpot Racing dengan Pengaturan Tiga Suara

398
0
knalpot anti tilang racing aftermarket tiga suara 3tech

Knalpot anti tilang benarkah ada? Bahasan ini untuk kalian yang berniat mengganti knalpot standar pabrikan dengan knalpot racing aftermarket tapi bebas tilang. Untuk knalpot aftermarket yang dimaksud adalah yang memiliki tiga mode suara, dan pastinya admin sudah mencobanya sendiri dan memakainya selama 4 tahun. Jadi apa yang disampaikan disini adalah review admin sendiri dalam durasi rentan waktu pemakaian yang layak untuk disampaikan.

Produk knalpot ini adalah knalpot tiga suara dari produsen knalpot 3tech racing evolution. Knalpot ini memiliki keunikan dimana memiliki tiga suara dari senyap hingga bising “menggelegar” yang mudah kalian atur menggunakan tuas yang dipasang pada stang motor.

Sebenarnya bukan hanya 3tech yang menjual produk knalpot yang memiliki tiga suara, karena ada juga produsen lainnya yang menjual produk serupa. Tapi, karena memang three tech ini sangat populer dan teknologi 3 suara ini sudah melekat padanya, jadi admin khusus akan membahas knalpot three tech saja.

Three Tech ini menyediakan banyak produk knalpot yang bisa kalian beli secara full system atau hanya silincernya saja. Knalpot three tech ini bisa digunakan untuk berbagai jenis motor dari mulai matic hingga motor sport. Sebagai contoh misalnya Tridente F18, Tridente F19, Ronin Katana, Tridente F22, Spartan GP 3, Spartan R 3, Ronin Katana SE, Evox X3 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kelebihan dan Keunikan Knalpot Anti Tilang Tiga Suara

kelebihan knalpot anti tilang tiga suara

Admin mengetahui akan hal ini, bagi kalian yang menginginkan motornya tambah garang pastinya mempunyai keinginan untuk mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Setidaknya ada beberapa alasan untuk mengganti knalpot standar pabrikan dengan knalpot racing.

  • Menjadikan suara motor lebih garang
  • Upgrade tenaga, kecepatan, tarikan dan meningkatkan performa motor
  • Merubah tampilan motor agar jadi lebih “eye catching”.

Dengan alasan inilah banyak rider, mungkin salah satunya termasuk kalian berfikir ke arah sana. Jawabannya ada di knalpot buatan 3tech racing evolution yang saya bahas di artikel ini, mungkin bisa menjawab kebutuhan hasrat dan keinginan kalian.

Produk knalpot hasil riset 3tech sudah diuji bertahun-tahun diklaim aman untuk keawetan mesin ini sudah didaftarkan (hak paten) di HKI.

Bukankah menggunakan knalpot bising itu melanggar peraturan? Benar sekali jika kalian bertanya hal itu. Tapi Jawabannya dari itu semua knalpot ini suaranya bisa diatur. Terdapat 3 mode suara yang bisa kalian atur sesuai keinginan dengan hanya memutar tuasnya. Adapun ketiga mode suaranya meliputi :

  • Racing Mode => Umumnya sama dengan knalpot racing lainnya alias bikin budek.
  • Street Mode => Tidak terlalu bising dan tidak terlalu senyap.
  • Silent Mode => Suara knalpot yang hampir mendekati knalpot standar.

Dari ketiga suara diatas tentu saja berpengaruh terhadap Torsi dan HP. Semakin dibuka “kebisingannya”, maka meningkatlah torsi dan hpnya. Ya, memang fungsi knalpot racing ya begitu, free flow yang artinya menghilangkan hambatan-hambatan dan tahanan yang terdapat pada knalpot standar.

Apakah Benar 3Tech (Silent Mode) Solusi Knalpot Anti Tilang Polisi?

tilang knalpot bising

Pada silent mode, knalpot ini cukup senyap bahkan mendekati suara knalpot standar pabrikan. Tapi, sebelum menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak hati sanubari kalian, admin akan menjelaskan terlebih dahulu tentang aturan dan undang-undangnya.

Peraturan dan Undang-undang Terkait Kebisingan Knalpot

Knalpot terlalu bising bikin kuping pengang. Jangankan orang lain, kalian sebagai rider pasti tidak nyaman jika belum terbiasa. Selain daripada itu juga lambat laun bisa saja mengakibatkan masalah pendengaran. Terkait dengan hal ini sebenarnya sudah ada undang-undang yang mengatur hal ini yaitu pasal 285 ayat 1 yang berbunyi :

pasal 285 ayat 1

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Kemudian aturan mengenai knalpot ditentukan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009 Tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

Untuk motor 80cc – 175cc maksimal bising 83 dB dan di atas 175cc maksimal bising 80 dB.

Dengan demikian berarti jelas ya, tingkat kebisingan knalpot motor kalian jangan sampai melampaui ambang batas db yang telah ditentukan.

Banyak review atau pengguna tridente yang mengujinya menggunakan Aplikasi android db meter (pengukur desible suara) yang bisa kalian unduh di playstore. Hasilnya memang dibawah 83 db dari aturan ambang batas aturan kebisingan.

Silent Mode Tidak Menjamin Bebas Tilang

Pernah ada kasus dan kejadian meskipun penggunak knalpot 3tech ini sudah memutar tuasnya ke silend mode tetap saja diberhentikan petugas. Hal itu bisa saja terjadi, karena knalpot ini bukan standar pabrikan yang disertakan ketika pendaftaran dan pengujian produk oleh pihak terkait.

Jika misalnya suatu saat kalian diberhentikan petugas dan mempermasalahkan suara knalpot motor, maka kalian akan mempertahankannya dengan alasan suaranya masih dibawah ambang batas kebisingan. Apa saja yang bisa kalian lakukan?

  • Apakah kalian akan memperlihatkan hasil test menggunakan aplikasi android ke petugas? Tentu saja petugas tidak akan menerimanya karena aplikasi tersebut tidak resmi ditunjuk oleh pemerintah dan kepolisian sebagai alat rujukan pengukuran ambang batas kebisingan.
  • Apakah kalian akan menyalahkan polisi karena tidak membawa alat desibel meter. Sayangnya Perlengkapan dan peralatan tersebut tidak dianggarkan negara untuk disertakan para petugas di jalanan.

Pemasangan DB Killer Untuk Lebih Meredam Kebisingan Knalpot

db killer peredam suara knalpot tiga suara

Suara silent mode dari 3tech ini tidak menyamai knalpot standarnya. Dalam artian, tetap saja masih bisa dicurigai bising meskipun kenyataannya masih dibawah ambangbatas aturan undang-undangnya. Agar lebih meyakinkan maka kalian bisa memasang DB killer.

DB killer singkatan dari desible killer bisa diartikan sebagai alat yang berfungsi sebagai peredam kebisingan knalpot. Dengan demikian, seharusnya knalpot aftermarket bisa lebih diredam lagi agar lebih senyap suaranya.

Biasanya knalpot aftermarket akan menyertakan atau menjual secara terpisah db killernya sebagai ekstensi tambahan. Jadi, sebenarnya 3Tech Racing Evolution juga mempersiapkan db killer sebagai part tambahan pada produk mereka yang bisa kalian beli terpisah.

3 Cara dan Metode Pemasangan DB Killer

Cara pemasangan db killer umumnya bisa dibilang mudah. Untuk knalpot anti tilang tiga suara dari 3tech, setidaknya ada tiga cara pemasangannya untuk mengurangi secara signifikan suara kebisingan dari knalpot motor kalian.

  1. Pemasangan pada sambungan leheran dan silincer knalpot => Meskipun suaranya jauh berkurang daripada tidak memakai db killer, namun silent modenya masih sedikit diatas knalpot standar. Akan tetapi kelebihannya ada di racing mode yang menurut admin jauh lebih baik suaranya jika dibandingkan tidak memakai db killer.
  2. Pemasangan pada ujung knalpot => suara dari silent mode dibawah sedikit knalpot standar, lebih senyap. Tapi kekurangannya ada di racing mode, suaranya tidak enak didengar..
  3. Pemasangan 2 db killer di leheran dan di ujung knalpot => Suara tingkat kebisingannya jauh dibawah knalpot standar, dan racing mode nya tidak terdengar seperti knalpot racing, cukup senyap.

Performa Tergantung Cara Pemasangan DB KIller

Untuk tenaga, torsi dan performa motor pastinya berbanding lurus dengan bagaimana kalian memasang peredam suara pada knalpot. Semakin banyak peredam, berarti tenaga akan semakin tertahan. Dengan demikian silahkan gunakan dan manfaatkan db killer ini agar “hasrat terpendam” kalian terpenuhi, tapi tidak membuat bising dan mengganggu kenyamanan orang lain dijalan.

Kekurangan dari Knalpot Anti Tilang Tiga Suara

kekuranga knalpot anti tilang tigasuara 3tech

Admin tidak sedang berdakwah disini, tapi memang benar bahwa buatan manusia itu tidak sempurna. Demikian juga dengan knalpot 3tech yang secara keseluruhan admin nilai cukup berkualitas. Beberapa kekurangan yang admin temui diantaranya :

  • Tidak menjamin lolos dari pemberhentian petugas, meskipun admin mengakui belum pernah ditilang masalah knalpot selama 4 tahun menggunakan knalpot ini. Pada saat razia, jika motor yang lain diberhentikan karena bising, admin lolos begitu saja karena dari jauh sudah menutup suaranya ke silent mode. Tapi jika tidak sadar ada petugas dan lupa menutup suaranya, bisa saja diberhentikan.
  • Untuk menutup dan membuka mode suara dibutuhkan sistem mekanis dari tuas dengan perantara kabel. Nah, kabel ini sering menjadi masalah putus dan berkarat. Pemutaran tuas terasa berat jika sudah berkarat. Kadang jika kabel melewati mesin maka akan melelh karena panasnya mesin yang mengakibatkan bungkus kabel menyatu dengan kabelnya. Saran admin bisa dimasukan oli sebagai pelumas sebagai peredam gesekan kabel dan bungkusnya.
  • Khusus untuk knalpot yang berwarna hitam catnya bisa pudar, meskipun durasinya ketahannya cukup lama. Admin mulai merngalaminya sekitar kurang lebih 2 tahun pemakaian.

Demikian ulasan dan review admin tentang pemakaian knalpot tiga suara dari 3tech racing evolution. Karena sudah memakainya hampir selama 5 tahun, maka admin merasa review ini layak sebagai bahan rekomendasi kalian. Secara umum pendapat admin tentang knalpot untuk knlapot karya anak bangsa produksi lokal ini cukup bagus, berkualitas dan layak untuk digunakan.

Artikulli paraprak8 Tips dan Cara Upgrade Untuk Mendongkrak Performa Tenaga Motor
Artikulli tjetërMetode PWR Perbandingan Tenaga dan Berat Untuk Mengetahui Performa Motor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini