Beranda Tokoh Deretan Motor Tempur Tunggangan Satria Baja Hitam Dari Awal Hingga Black Sun

Deretan Motor Tempur Tunggangan Satria Baja Hitam Dari Awal Hingga Black Sun

267
0
Deretan perubahan evolusi motor satria baja hitam black rx black sun

Motor satria baja hitam adalah tunggangan wajib dari setiap seri kamen rider black. Super heroes asal jepang ini pastinya pernah menjadi idola para bocil lapuk angkatan 90-an.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak. Kamen rider yang jika diterjemahkan berarti kamen = topeng sedangkan rider = pengendara motor. Jadi konsep semua kamen rider pastinya sangat berhubungan dengan motornya.

Dari sekian banyak deretan kamen rider, admin akan terfokus membahas satria baja hitam saja. Pahlawan super paling hitam ini banyak sekali wujudnya. Mungkin paling banyak bentuknya dari kamen rider lainnya. Dari mulai kamen rider black, rx, robo, bio hingga yang terakhir, black sun.

Mengikuti ridernya, pastinya motor tempurnya juga ikut berubah. Tercatat semuanya berjumlah 6 hingga seri terakhirnya, black sun. Meskipun desain tampilannya tidak lazim terlihat dijalanan. tapi pada bentuk aslinya merupakan motor produksi masal.

Suzuki GSX-R250 4 Silinder Sebagai Motor Harian Kotaro Minami

Motor Harian Kotaro Minami Satria Baja Hitam

Kamen rider black awal hingga versi RX diperankan oleh Tetsuo Kurata. Aktor asal jepang iin memerankan tokoh utama yang bernama kotaro minami. Dikesehariannya, jika tidak sedang membasmi monster (kaijin) dari gorgom, tokoh ini identik dengan tunggangannya GSX-R250 motor 250 cc 4 silinder dari suzuki.

Sportbike full fairing Suzuki GSX-R 4 silinder ini lahir ditahun 1987. Pada tahun yang sama, merupakan penayangan perdana kamen rider black, tepatnya di bulan 5 oktober. dan generasi pertama yang menjadi tunggangan harian kotaro minami adalah suzuki GSX-R250H.

suzuki gsx-r250 motor harian kotaro minami
Suzuki GSX-R250 4 silinder

Perpaduan bobot yang ringan dan tenaga yang besar pada motor ini sangat baik. Frame atau rangkanya menggunakan steel double cradle (dudukan ganda baja) yang sangat kokoh. Sedangkan pada bobotnya hanya 138 kg saja, hampir seringan motor sport 150cc saat ini. Spesifikasi motor satria baja hitam untuk harian ini adalah sebagai berikut :

248 cc, 4 silinder, DOHC 16 valve
Bore x Stroke : 49 x 33 mm (overbore)
Rasio kompresi : 12,5  :  1
Power : 45 HP @ 14.500 RPM
Torsi : 24 Nm @ 10.500 RPM
138 Kg, Sport Full Fairing
PWR score : 4,81 kg / 1 Hp.

Suzuki RA125 dan Suzuki GSX-R400 Sebagai Motor Satria Baja Hitam Pertama

motor andalan satria baja hitam belalang tempur dan road sector

Berbeda dengan motor harian yang tidak ada perubahan pada desainnya. Bentuk motor satria baja hitam kamen rider black versi tempur didesain agar terlihat cocok dengan ridernya.

Pada seri pertamanya ini satria baja hitam memiliki dua motor tempur. Yang pertama adalah battle hopper (belalang tempur) dan yang kedua dinamakan road sector.

Battle Hopper (Belalang Tempur) Suzuki RA125

belalang tempur (battle hopper) jadul
Belalang Tempur (Battle Hopper)

Belalang tempur adalah motor yang memiliki nyawa, bisa menyembuhkan lukanya sendiri dan berdiri sendiri jika terjatuh. Motor yang setia menjadi sahabat kamen rider black dari awal ini cukup tragis dan mengharukan kisahnya. Motor ini hancur mengorbankan dirinya untuk menabrak shadow moon (bayangan hitam), saudara kembar dari kotaro sekaligus musuh bebuyutannya.

Dibalik wujudnya yang mirip belalang, nyatanya motor ini basicnya adalah Suzuki RA125. Motor trail ini juga dikenal dengan nama Suzuki TS125X. Keberadaan saudara-saudara dari TS125 ini lumayan banyak juga di Indonesia ditahun 80-90 an.

Suzuki RA125 basic belalang tempur (battle hopper)
Suzuki RA125

Motor yang suspensi belakang sudah menggunakan mekanisme full floater ini hanya berkapasitas mesin 2 tak 124 cc saja. Tapi kalian jangan pernah meremehkannya, karena motor ini mempunyai muntahan tenaga hingga 22 HP.

Bandingkan dengan suzuki GSXR-150 yang hanya 18,9 HP. Atau Yamaha RX-King yang sama-sama bermesin 2 tak dengan kapasitas cc lebih besar (132cc) hanya 18,3 HP tapi dengan bobot yang sama di 100kg. Pastinya motor trail suzuki 124cc ini mengungguli semuanya. Spesifikasi Suzuki RA125 / TS125X adalah sebagai berikut :

124 cc, 1 silinder, 2 tak
Bore x Stroke : 56 x 50 mm (overbore)
Rasio kompresi : 6,7  :  1
Power : 22 hp @ 8000 rpm
Torsi : 18.6 Nm @ 7500 rpm
100 Kg, Trail Bike
PWR score : 7,94 kg / 1 Hp.

Road Sector GSX-R400

road sector motor satria baja hitam jadul
Road Sector

Motor satria baja hitam yang kedua adalah road sector. Awal mulanya motor ini diciptakan untuk gorgom. Sebenarnya hanya sebagai motor konsep (proto type) yang nantinya akan diproduksi masal untuk pasukan mutan gorgom.

Road sector mempunyai kelebihan pada kecepatannya. Jika dibandingkan belalang tempur, jelas menang telak. Karena belalang tempur sendiri top speednya hanya mencapai 500 km / jam, sedangkan road sector 960 km / jam. Selain itu motor ini memiliki pelindung untuk ridernya, berbentuk seperti kaca yang dinamakan “Attack Shield”.

Suzuki GSX-R400 basic road sector kamen rider black
Suzuki GSX-R400

Sedangkan pada basicnya, road sector adalah Suzuki GSX-R400. Motor 400cc 4 silinder ini diciptakan sebagai “penghancur” para pesaingnya. Sebenarnya tidak ada yang menonjol pada spesifikasi mesinnya 4 silinder inline (segaris), jika dibandingkan semua pesaing di kelas yang sama.

Kelebihannya ada pada bobot yang ringan dan unggul secara power to weight ratio, karena sebagian materialnya aluminium, termasuk rangka twin spar-nya. Contohnya jika dibandingkan pesaingnya, misalnya Honda CBR400F. GSX-R 400 ini lebih ringan sekitar 34 kg lebih. Bahkan jika dibandingkan motor 250cc 2 silinder saat ini yang beratnya mencapai 160 kg keatas, GSX ini masih lebih ringan. Spesifikasi GSX-R400 adalah :

398 cc, 4 silinder, DOHC 16 valve
Bore x Stroke : 53 x 45.2 mm (overbore)
Rasio kompresi : 12,5  :  1
Power : 59 hp @ 11000 rpm
Torsi : 39.2 Nm @ 9000 rpm
152 kg, Sport Full Fairing
PWR score : 3,92 kg / 1 Hp.

Acrobatter (Suzuki RH250) Sebagai Motor Andalan Satria Baja Hitam RX, Robo dan Bio

Motor satria baja hitam rx robo bio

Setelah komplotan gorgom berhasil dikalahkan, keadaan bumi menjadi aman setidaknya selama 5 tahun. Kedamaian ini terusik ketika alien yang menamakan dirinya kerajaan krisis datang untuk menyerang dan menguasai bumi.

Acrobatter motor satria baja hitam RX
Acrobatter

Kamen rider black mengalami transformasi perubahan menjadi RX. Tidak hanya itu, sahabat setianya si belalang tempur dihidupkan kembali dengan wujud yang benar-benar baru. Berwarna kuning dan biru dinamakan Acrobatter.

roboizer motor kamen rider rx robo
Roboizer RX Robo
Macjabber motornya RX Bio
Macjabber RX Bio

Pada perjalanan plot ceritanya kamen rider ini bisa berubah wujud jika bersedih menjadi RX Robo dan berubah menjadi RX Bio jika sudah marah. Begitupun dengan Acrobatter yang tentunya akan mengikuti ridernya. Jika RX berubah menjadi RX Robo maka akan berubah menjadi roboizer. Jika menjadi RX Bio, maka akan berubah menjadi Macjabber.

Sebagai informasi bahwa satria baja hitam RX ini juga memiliki kendaraan roda 4. Dinamakan ridoron yang basicnya disinyalir Mazda RX-7 (SA22C) generasi pertama.

ridoron mobil roda 4 baja hitam rx
Ridoron

Meskipun versi belalang tempur yang dihidupkan kembali. Baik itu Acrobatter, roboizer dan macjabber berasal dari basic motor yang berbeda. Ketiganya adalah Suzuki RH250 yang didandani agar cocok sebagai motor satria baja hitam RX dan berbagai macam bentuknya.

Suzuki RA125 basic belalang tempur (battle hopper)
Suzuki RA125

Sama-sama berjenis motor trail 2 tak, pada kenyataannya basic dari belalang tempur dan acrobatter ini berbeda. Kubikasi mesin motor yang dilahirkan suzuki di tahun 1988, tepat dengan perilisan satria baja hitam RX ini dua kali lipatnya dari belalang tempur, yaitu sebesar 249 cc. Spesifikasi Suzuki RH250 adalah :

249 cc, 1 silinder, 2 tak
Bore x Stroke : 70 x 64.8 mm (overbore)
Rasio kompresi : –
Power : 31 hp @ 7500 rpm
Torsi : 31.2 Nm @ 6500 rpm
111 kg, Trail Bike
PWR score : 6,03 kg / 1 Hp.

Perubahan Battle Hopper dan Road Sector Sebagai Motor Satria Baja Hitam Black Sun

battle hopper (belalang tempur) versi kamen rider black sun

Pada tahun 2022, TOEI Company merilis seri kamen rider black sun. Meskipun alur ceritanya banyak yang mirip dengan kamen rider black. Tapi banyak juga perbedaannya. Mengambil waktu 50 tahun kemudian ketika kotaro minami dan nobuhiko si bayangan hitam (shadow moon) dipertemukan kembali yang kemudian saling bertarung sebagai penerus “Sang Raja Pencipta” dari Gorgom.

Battle Hopper (Belalang Tempur) Versi Black Sun Honda CB750F

motor satria baja hitam black sun battle hopper

Mengikuti perubahan bentuk evolusi dari satria baja hitam. Dari versi kamen rider black ke kamen rider black sun. Bentuk dan wujud dari battle hopper (belalang tempur) juga berubah. Dari wujud keseluruhan terlihat lebih kekar dan garang. Karena basicnya juga bukan lagi motor trail, melainkan pure naked bike.

Belalang tempur (battle hopper) versi kamen rider black sun
battle hopper versi kamen rider black sun

Sama halnya dengan tokoh kotaro minami yang sekarang diperankan Hidetoshi Nishijima menggantikan tetsuo kurata. Basic dari motor satria baja hitam belalang tempur juga berubah. dari pabrikan, bentuk dan jenisnya.

Honda CB750F basic battle hopper kamen rider black sun
Honda CB750F

Seperti yang kalian perhatikan, jika tunggangan satria baja hitam itu identik dengan pabrikan suzuki. Tapi pada black sun malah dari pabrikan honda. Pada black sun, basic dari battle hopper adalah Honda CB750F. Motor yang termasuk tua ini (old bike) dilahirkan pada tahun 1979 dibekali kubikasi mesin 748 cc 4 silinder yang hanya memiliki 5 percepatan gigi transmisi saja. Selain itu dibekali shock absorbs yang bisa disesuaikan pada swing armnya. Spesifikasi Honda CB750F adalah :

748 cc, 4 silinder, DOHC 16 valve
Bore x Stroke : 62 x 62 mm (square)
Rasio kompresi : 9.0 : 1
Power : 77 hp @ 9000 rpm
Torsi : 77,4 Nm @ 8000 rpm
230 kg, Naked Bike
PWR score : 4,10 kg / 1 Hp.

Road Sector Tunggangan Shadow Moon (Bayangan Hitam) BMW R nine T

Road Sector versi Shadow Moon Kamen Rider Black Sun

Jika pada seri jadulnya kamen rider black mempunyai dua tunggangan. Satunya belalang tempur dan satunya lagi road sector. Maka pada kamen rider black sun, road sector ditunggangi oleh nobuhiko si bayangan hitam.

road sector versi kamen rider black sun tunggangan shadow moon
road sector versi kamen rider black sun

Road sector adalah satu-satunya motor yang bukan berasal dari pabrikan jepang. Motor ini basicnya berasal dari BMW R nine T berkubikasi 1170cc 2 silinder. Motor ini yang paling kekinian juga yang memiliki kubikasi terbesar jika dibandingkan motor kamen rider lainnya.

BMW R nine T basic road sector kamen rider black sun
BMW R nine T

Yang menarik dari motor ini menggunakan shaft (gardan) pada sistem penggerak rodanya. Berbeda dengan kebanyakan motor pada umumnya yang menggunakan rantai atau belt. Spesifikasi BMW R nine T adalah :

1170 cc, 2 silinder, DOHC 8 valve
Bore x Stroke : 101 mm x 73 mm (overbore)
Rasio kompresi : 12.0:1
Power : 110 hp @ 7,750 rpm
Torsi : 116 Nm @ 6,000 rpm
222 kg, Naked Bike
PWR score : 3,69 kg / 1 Hp.

Artikulli paraprakManakah Yang Terbaik dan Terkencang Dari 6 Motor 2 Tak Bermesin 250cc 2 silinder
Artikulli tjetërCara Membaca Ukuran Ban Motor Sesuai Kode Matrik dan Imperial Juga Load Index dan Speed Ratingnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini